MASIGNCLEAN104

Tips mengurangi rambut rontok

rambut rontok

Saat menemukan banyak rambut rontok ketika menyisir rambut, tentu akan membuat orang-orang menjadi cemas. Rambut rontok memang menjadi salah satu masalah yang umum baik bagi pria maupun wanita. Rambut yang berjatuhan setiap harinya sebenarnya wajar.

Banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok, seperti akar rambut yang tidak kuat, stres, salah menggunakan produk sampo, terlalu sering menggunakan produk kimia pada rambut (pewarna rambut), menggunakan pengering dan alat pelurus rambut. Selain itu, kerontokan rambut bisa terjadi karena seseorang memiliki riwayat penyakit tertentu, pola hidup atau pola makan yang tidak sehat, dan kondisi setelah melahirkan atau menyusui.

Jadi, bagaimana cara mencegah rambut rontok? Kalian bisa mencoba tips ini.

  1. Kelola stres dengan baik. sebagian besar penyakit berasal dari stres yang tidak bisa dikendalikan. Jika kalian ingin tubuh selalu sehat dan rambut yang tetap kuat, kalian harus tahu cara mengelola stres dengan baik. Kalian bisa melakukan hal-hal yang kalian suka agar terhindar dari stres, misalnya berolahraga, membaca, memasak, ataupun mendengarkan musik.
  2. Perbaiki pola makan. Bagi kalian mempunyai pola makan yang tidak sehat seperti makan makanan siap saji, makanan instan, atau makanan manis. Coba kalian ubah pola makan tersebut dengan makan makanan yang kaya protein dan vitamin B, karena keduanya dibutuhkan untuk kesehatan rambut.
  3. Gunakan produk sampo yang tepat. Ini karena tiap orang memiliki tekstur rambut yang berbeda. Tentu saja, jenis samponya berbeda. Jadi, cari jenis sampo yang tepat, karena kalau salah, kulit kepala bisa berketombe dan ini menyebabkan rambut semakin rontok.
  4. Menyisir dengan lembut. Kalau kalian menyisir rambut terlalu keras, itu dapat menyebabkan rambut kalian patah. Apalagi kalau kalian menggunakan sisir dengan gigi yang rapat untuk menyisir rambut yang tergolong kusut.  Sisirlah rambut anda dengan lembut, jangan dipaksa ketika ada rambut yang kusut. Uraikan dengan perlahan. Dan akan lebih baik jika kalian menggunakan sisir yang sesuai dengan jenis rambut kalian untuk menghindari rambut patah.
  5. Hindari pemakaian pengering atau pelurus rambut terlalu sering. kedua benda ini menghasilkan panas yang berlebihan sehingga membuat rambut menjadi mudah patah. Lebih baik membiarkan rambut kering dengan sendirinya.
  6. Hindari pemakaian produk perawatan rambut dengan kandungan kimia yang tinggi. Misalnya cat rambut. Terkadang, rambut tidak selalu cocok dengan bahan kimia yang terkandung dalam produk tersebut. Setelah dipakai, kemungkinan rambut menjadi lebih cepat rusak. Para-phenylenediamine atau PDP adalah salah satu bahan kimia yang ada pada produk pewarna rambut. Bahan ini amat rentan memicu terjadinya alergi, apalagi kalau kalian punya kulit kepala yang sensitif. 
Share This :
Top Tips