MASIGNCLEAN104

Ayo kenali jenis layar pada smartphone


Layar hp
Apa yang kalian perhatikan saat akan membeli smartphone? Prosesor, kapasitas RAM, kapasitas memori internal serta kamera. Biasanya itu menjadi keputusan dalam membeli smartphone.

Selain itu, kalian juga harus memperhatikan jenis layar yang digunakan. Jenis layar dapat berpengaruh terhadap kualitas smartphone. Contohnya, apakah layar itu memberikan kenyamanan dan tidak membuat mata perih saat menggunakannya.

Jenis-jenis layar smartphone

1. LCD (Liquid Crystal Display)
Dari namanya mungkin kalian sudah tahu. Teknologi ini menggunakan susunan kristal cair yang disinari dari belakang (backlight). Karena layarnya yang memiliki backlight jadi saat terkena sinar matahari masih terlihat cukup jelas. Tapi, akurasi warna masih kurang baik.


2. TFT LCD (Thin Film Transistor LCD)
Layar ini biasanya digunakan pada smartphone kelas bawah. Dengan teknologi ini, layar ponsel dapat menampilkan gambar dengan kontras dan resolusi yang lebih tinggi. Kelemahan dari layar ini adalah saat terkena sinar matahari, layarnya menjadi kurang jelas serta layar ini juga sangat boros daya sehingga menguras baterai.


3. IPS LCD (In Place Switching LCD)
Layar ini biasanya digunakan di smartphone menengah keatas. Layar ini menawarkan kualitas dan sudut pandang yang lebih baik dari TFT LCD. Jadi, saat melihat layar dari samping, tampilannya tetap akan jelas. Layar ini juga lebih hemat daya


4. OLED (Organic Light Emitting Diode)
Layar ini terdiri dari lapisan berbahan organik karbon yang diapit lapisan katoda dan anoda. Teknologi ini memberikan pengalaman yang lebih baik. Layar yang lebih responsif dan mampu menghasilkan warna yang berkualitas. Serta, layarnya ini sangat tipis dan fleksibel.


5. AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode)
Layar ini merupakan lanjutan dari OLED. Ada beberapa perbaikan pada kualitas gambar dan pengaturan warna sehingga lebih baik. Biasanya digunakan pada smartphone yang memiliki harga jual tinggi. Sehingga smartphone yang menggunakan layar ini terbilang mahal.


6. SUPER AMOLED
Tipe layar ini dikembangkan oleh perusahaan samsung. Teknologi ini memiliki sensor sentuh yang berada pada layarnya sendiri. Karena hal inilah, jika layarnya rusak maka harus ganti sepaket. Layar jenis ini memiliki saturasi dan kualitas warna yang sangat tinggi dan cemerlang.


7. DYNAMIC AMOLED
Teknologi ini pertama kali diperkenalkan diseri Samsung Galaxy S10. Ada beberapa peningkatan dari Super AMOLED seperti kontras yang lebih tinggi dan warna yang berkualitas tinggi. Dynamic AMOLED mendukung cahaya hingga 1200 nits, gamut warna yang luas DCL-P3, dan mendukung HDR 10+.


8. RETINA DISPLAY
Teknologi ini hanya ditemukan diperangkat iphone. Layar ini mempunyai kualitas gambar yang super tajam, jernih, dan natural. Layar ini mempunyai kerapatan pixel diatas 300 yang hampir tidak dapat dideteksi mata manusia. Sayangnya, konsumsi daya juga lebih tinggi.
Share This :
Top Tips